Ini Loh Cara Mendapatkan Klien Dalam Bisnis Online Content Writing

02/20/2020

Jika mendengar kata bisnis online pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada era saat ini. Siapapun dan dimanapun dapat memulai bisnis online asalkan memiliki sebuah kreativitas, komputer dan internet. Perkembangan internet saat ini bisa dibilang sangat pesat serta memudahkan semua kalangan untuk mencari informasi dan memulai bisnis. Orang - orang menggunakan internet untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari, mereka juga menggunakan internet untuk menawarkan layanan tertentu tanpa harus mengeluarkan modal dan juga bisa di kerjakan dirumah.

Banyak sekali jenis profesi yang bisa kita jadikan pilihan, Content Writing adalah salah satunya. Menjadi seorang penulis konten bagi bisnis online juga sudah mulai dilirik oleh banyak orang, karena di anggap menguntungkan dan praktis. Bukan hanya di luar negeri saja tetapi jenis bisnis online yang satu ini mulai merambah ke kebanyakan masyarakat di Indonesia. Memiliki keterampilan dalam menulis adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seorang content writer serta menawarkan jasa mulai dari Content Writing atau yang diketahui sebagai Blogging, Newsletters, News Feed yang akan di pasang di laman Facebook atau Twitter. Kini yang paling dicari oleh para pemilik website, yaitu SEO artikel di media online, yaitu pekerjaan para penulis konten.

Menulis konten dengan SEO yang baik dapat mendukung wawasan kunjungan suatu website melejit tinggi alias menjadi dapat banyak kunjungan ataupun akan muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Faktor yang satu ini bisa membuatmu dibayar lebih oleh para pemilik website. Selain mempelajari lebih tentang SEO, para content writer juga harus mengetahui pangsa pasarnya. Sebagian besar konten digunakan oleh hampir 75% pembisnis online dan situs web untuk pemasaran dan branding. Biasanya, klien yang membuat order jasa penulisan artikel kepada penulis konten adalah mereka yang juga terjun kedalam dunia bisnis online. Ada yang menjadi publisher, pemilik toko online, dan perusahaan yang ingin mengoptimalkan website mereka.

Cara Mendapatkan Klien yang Membutuhkan Jasa Penulis Konten

Dibawah ini, ada beberapa tips bagaimana caranya mendapatkan klien untuk kamu para penulis konten dengan cepat!

1. Bergabung dalam sebuah komunitas

Bergabung dalam sebuah komunitas tentunya bisa memperluas networking kamu dan memperlancar strategi bisnis online mu. Selain mencari klien, kamu juga bisa menambah teman. Apalagi kalau kamu bertemu dengan seorang yang sudah ahli dalam bidang Content Writing. Wawasan kamu seputar jasa penulis artikel bisa saja bertambah, seperti memperdalam hal yang berkaitan tentang SEO dan lain - lainnya.

2. Mendaftar menjadi anggota website freelancer

Di zaman yang berkembang pesat ini, internet juga menyediakan beberapa website untuk para pekerja lepas atau yang lebih diketahui sebagai freelancer. Biasanya, content writer banyak yang mendaftarkan diri di website seperti Freelancer, Fiver dan lain lainnya untuk mencari klien yang membutuhkan jasa mereka. Namun di website ini, para klien juga tidak akan asal pilih penulis konten. Mereka akan memilih salah satu yang lebih profesional diantara ribuan penulis konten yang melamar pekerjaan tersebut.

3. Ajukan proposal

Mengajukan proposal berupa portofoliomu ke halaman kontak yang terletak di website perusahaan atau klienmu, bisa jadi jalan untuk kamu memulai bisnis online mu sebagai penulis konten dengan klien.

4. Membuat blog atau website sendiri

Pilihan yang terakhir adalah memiliki blog atau website sendiri. Mungkin cara ini terbilang sangat baik, karena klien bisa langsung mampir dan melihat artikel yang sudah kamu buat.

Jadi itulah beberapa ringkasan dan poin - poin yang harus kamu ketahui, bahwa menjadi seorang content copywriting di dunia bisnis online itu sangat menguntungkan. Dikutip dari U.S Bureu of Labor Statistic mengatakan bahwa, content writers di negara Amerika Serikat rata-rata memperoleh penghasilan tahunan sebesar US $69,130 dan yang terendah sebesar US $29,230 pada laporan bulan Mei 2015. Selain bisa dijadikan sumber bisnis online sekaligus mendapatkan penghasilan yang terbilang tinggi, artikel yang kamu buat bisa juga dijadikan sumber referensi yang artinya sangat bermanfaat bagi orang - orang di sekitarmu.